Mengenal Wisma Muslim Lebih Dekat

Wisma Muslim Yogyakarta adalah wisma, asrama atau tempat tinggal bagi para mahasiswa muslim/muslimah, yang bersedia dan berkomitmen untuk memenuhi visi dan misi islami. Wisma Muslim Yogyakarta dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari (YPIA) Yogyakarta dan berlokasi di sekitar kampus UGM Yogyakarta.

Pada tahun ajaran 2020/2021 terdapat 5 wisma muslim. Antara lain wisma Darul Qur’an (DQ), Darul hadits (DH), Darun Naja (DN), Darul Huda (DaHud), dan Fathul Bari (FB).

1. Wisma Daarul Quran (DQ)

Pembelajaran di Ruang Tengah Wisma Daarul Qur’an

Wisma Darul Qur’an terletak di Pogung Dalangan No. 27E, RT 10/50, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284. Lokasi dekat dengan Masjid Pogung Raya dan Masjid Pogung Dalangan. Terdapat 9 buah kamar dengan ukuran kamar yang beragam.

Fasilitas yang tersedia mencakup: 2 buah kamar mandi, ruang tamu, ruang pertemuan yang kekeluargaan, dan internet wifi.

Wisma ini termasuk ke dalam kategori wisma dasar. Sehingga para penghuni wisma di sini mempelajari ilmu-ilmu agama dasar meliputi bahasa arab dasar, tahsin dasar, doa-doa harian, kajian dll. kitab-kitab yang diajarkan antara lain, Al Muyassar, Al Kahfi, Hisnul Muslim, Amtsilatul Irob, kitab-kitab adab dll, tergantung dari keputusan pengajarnya. Para mahasiswa yang akan masuk wisma akan di tempatkan di wisma ini.

2. Wisma Daarun Najah (DN)

Wisma Daarun Najah terletak di Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284. Lokasi dekat dengan Masjid Pogung Dalangan. Terdapat 7 buah kamar dengan ukuran ±2,5×2,5 .

Fasilitas yang tersedia mencakup: 2 buah kamar mandi, lapanagan parkir, ruang tengah.

Sama halnya dengan wisma DQ, wisma DH ini juga termasuk kategori wisma dasar. Kebanyakan mereka adalah para mahasiswa semester awal atau juga mahasiswa di semester2 tertentu yang memenuhi kriteria. Mereka juga di ajak untuk berpartisipasi di dunia dakwah semisal nyebarin buletin, bantu-bantu masjid, ikut FKIM dll.

3. Wisma Daarul Hadits (DH)

Ruang Tengah Wisma Daarul Hadits

Wisma Daarul Hadits terletak di Pogung Dalangan, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284. Lokasi dekat dengan Masjid Pogung Dalangan. Terdapat 5 buah kamar dengan ukuran ±3×3 dan dua kamar ukuran ±3×4 lengkap.

Fasilitas yang tersedia mencakup: 2 buah kamar mandi, lapangan parkir, dan listrik (gratis).

Wisma ini merupakan wisma tingkat lanjutan. Santri wisma ini belajar materi-materi lanjutan seperti Mulakhos nahwu, Syarah Tuhfatul Athfal, Matan Jazari, Syarah Kitab Akidah, Baiquniyah, Hafalan Quran, dll. beberapa santri di sini juga ada yang ikut di beberapa mahad-mahad di sekitar jogja seperti Mahad Bias, Mahad Darussalam dll. namun ada juga yang santri Mahad Ilmi.

4. Wisma Daarul Huda (DarHud)

Wisma Daarul Huda terletak di Pogung Rejo, Sinduadi, Mlati, Sleman, 55284. Lokasi dekat dengan Masjid Al-Ashri Pogung Rejo. Terdapat 6 buah kamar dengan ukuran ±2,5×3 .

Fasilitas yang tersedia mencakup: 2 buah kamar mandi, garasi motor, ruang tengah.

Wisma Dahud disebut juga sebagai wisma dakwah/wisma mandiri. Beberapa penghuninya adalah senir-senior yang sudah malang melintang di dalam dunia dakwah, meski juga ada yang baru-baru dalam belajarnya. Namun kebanyakan mereka adalah mahasiswa yang sudah senior-senior. Disebut wisma dakwah karena mereka adalah santri yang memiliki bekal-bekal dasar agama sehingga terdapat santri wisma yang mengajar di MUBK, ngajar TPA, bahkan ada juga yang ikut dalam ketakmiran masjid. 

5. Wisma Fathul Bari

Wisma Fathul Bari
Wisma Fathul Bari (Tampak Luar)

terletak di Pogung Dalangan RT 12 RW 50. Lokasi dekat dengan Masjid Pogung Dalangan. Terdapat 5 buah kamar dengan ukuran ±3×3 .

Fasilitas yang tersedia mencakup: 1 buah kamar mandi, tempat parkir, ruang belajar dan fasilitas, dapur dan fasilitasnya, listrik (gratis), WiFi, hadiah bulanan untuk santri berprestasi (insyaAllah).

Wisma ini dinamakan juga Wisma Mahad Ilmi, karena para penghuni wisma di sini merupakan para santri mahad ilmi sekaligus. Selain mereka belajar di wisma mereka juga belajar di mahad ilmi. Materi yang diajarkan di wisma pun selaras dengan apa yang dipelajari di mahad. Intinya materi-materi yang mendukung proses belajar mereka di mahad seperti baca kitab Syarah Arbain, bahasa arab lanjutan, kitab-kitab fiqh, hadits, pembacaan kitab-kitab ulama dll.

Demikian penjelasan singkat mengenai wisma-wisma di wisma muslim YPIA. Namun perlu diketahui juga program program di wisma tersebut tiap tahunnya berbeda-beda tergantung kebijakan dari pengurus.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.